Web Hosting Indonesia dan Dasar-Dasarnya

Banyak sekali pertanyaan tenang Web Hosting Indonesia. Memang bisa dikatakan banyak sekali pengguna web hosting, namun sedikit yang memahami secara dalam. Maka pada kesempatan kali ini akan kita bahas secara dasar apa itu dan bagaimana konsepnya dalam dunia IT.

Ketika anda menggunakan atau memberi bahkan mendaftarkan suatu layanan hosting, maka pada dasarnya anda sudah menggunakannya. Dengan melakukan hal tersebut, maka anda telah meminjam space diserver.  Atau tempat menyimpan semua data dan file yang dibutuhkan website agar mampu bekerja dengan baik.

Pengertian Web Hosting Indonesia

Jika dijelaskan dengan sederhana, maka cara kerja dari Web Hosting Indonesia adalah seperti anda menyewa sebuah rumah. Namun rumah yang anda sewa berwujud virtual. Maka anda pun harus membayar biaya sewa akan rumah tersebut.

Sewa yang dibayarkan ini pun akan dipakai untuk membuat sebuah sebuah website. Karena langkah paling pertama dari pembuatan website adalah mencari perusahaan yang menggeluti bidang tersebut secara komprehensif. Perusahaan inilah yang nantinya akan menyediakan space server, lalu semua data akan diolah oleh perusahaan tersebut.

 

Nantinya, sistem ini akan menyimpan file, data, aset dan data base pada server. Lalu ketika seseorang dari mana pun itu mengetik nama domain pada addres browser, pihak host akan mentransfer data tersebut. Maka pencari nama domain akan melihat domain yang mengarah pada website yang anda buat.

Untuk saat ini sudah banyak sekali perusahaan yang menyediakan jasa yang berhubungan dengan hosting. Mulai dari web hosting murah hingga yang gratis. Maka sebagai pengguna akan mendapatkan banyak sekali kemudahan dalam membuat website.

Jika menggunakan layanan tersebut maka para pengguna akan mendapatkan server space. Selain itu pula penyedia web hosting juga akan menyediakan layanan lain. Hal ini tentu saja akan terkait tentang pembuatan website.

  • Sertifikat SSL (untuk mengamankan situs)
  • Hosting email
  • Page Builder
  • Tool Developer
  • Layanan Bantuan pelanggan
  • Backup Website
  • One-click software

Perbedaan Web Hosting Indonesia dan Nama Domain

Tidak hanya layanan Web Hosting Indonesia saja, namun para pengguna juga harus paham dengan domain. Karena saat akan menggunakan website, selain web hosting maka pengguna juga harus menggunakan atau membeli domain.  Maka para pengguna harus paham akan perbedaan dari keduanya.

Secara mudah, sistem ini merupakan space server untuk website pengguna. Sedangkan domain merupakan alamat situs dari website pengguna. Dengan domain ini maka web site anda bisa diakses oleh siapa saja.

web hosting indonesia

Pada sebagian besar pelayanannya, pengguna harus membeli secara terpisah domain yang akan digunakan. Dengan adanya hal ini maka anda harus menghubungkan antara nama domain dengan web hosting yang akan anda gunakan. Maka pengguna harus membayar nama domain untuk mengamankan hak cipta nama pada setiap tahunnya.

Bagi para pengguna layanan yang masih pemula, maka disarankan untuk menggunakan web hosting murah Indonesia. Dengan begitu maka pengeluaran dari penggunaan tidak terlalu banyak. Dan website akan berjalan dengan lebih efektif.

web hosting indonesia

Jika disimpulkan kembali,  layanan tersebut yang dibutuhkan untuk mengonlinekan situs. Dengan mengenalkan situs tersebut, maka pengguna mampu menjangkau jutaan pengguna di seluruh dunia. Namun dengan syarat selalu terkoneksi dengan layanan internet.

Jenis-Jenis Web Hosting Indonesia

Untuk membuat website maka anda sebagai pengguna harus paham dengan jenis-jenis Web Hosting Indonesia terbaik. Akan banyak sekali penyedia jasa web hosting yang menyedikan jenis hosting sesuai dengan keinginan dan kebuatuhan. Namun disarakan untuk memilih mana yang terbaik, karena akan berpengaruh dengan website Anda.

  • Share Hosting
  • VPS Hosting (Virtual Private Server)
  • Cloud Hosting
  • WordPress Hosting
  • Dedicated Server Hosting

Untuk memilih jenis dari Web Hosting Indonesia yang ada di atas, maka sesuaikan dengan kebutuhan penggunaan website. Perlu diketahui, bahwa semakin besar dan berkembangnya website maka akan semakin besar space yang dibutuhkan. Dengan begitu maka akan sangat lebih efektif anda membuat website.

web hosting indonesia

Untuk awal pembuatan website, maka sangat disarakan untuk memilih layanan yang menggunakan sistem shared. Sistem shared biasa digunakan dengan web hosting Indonesia gratis. Lalu jika sudah berkembang lebih besar bisa dikembangkan lagi.

Sebagai awal penggunaan sistem tersebut maka anda sebagai pelanggan bisa menggunakan WordPress hosting. Karena web hosting ini terkenal dengan hosting murah Indonesia. Bahkan anda bisa menggunakan website yang gratis.

Menggunakan Shared Hosting dan VPS Web Hosting

Untuk para pengguna layanan Web Hosting Indonesia maka pengetahuan tentang jenis di atas akan lebih dijabarkan kali ini. Dengan penjabaran ini maka pengguna web hosting akan lebih paham dalam penggunaan. Kali ini akan kita mulai dengan Shared Hosting dan VPS Hosting.

Shared Hosting, adalah tipe yang paling banyak untuk digunakan. Pilihan paket yang digunakan sangat pas untuk blog atau website yang sederhana. Saat menggunakan Shared Hosting maka anda akan berbagi server dengan klien lainnya pada provider hosting yang sama.

Dengan menggunakan shared hosting maka website yang di onlinekan akan berbagi resource, seperti computing power, memori, disk space dan lainnya.  Untuk kelebihan dari Web Hosting Indonesia ini adalah murah, mudah digunakan, control panel yang mudah, pre-configured server. Selain itu maintanance server sudah dilakukan oleh penyedia hosting.

Bisa dikatakan bahwa Web Hosting Indonesia dengan jenis Shared Host adalah web hosting Indonesia terbaik untuk pemula. Namun tentu saja ada kekurangan dari web hosting jenis ini. Yaitu, pengguna tidak bisa mengontrol konfigurasi server. Kemudian, apabila traffic sedang tinggi pada pengguna lain, maka akan mempengaruhi kinerja website.

VPS Hosting

VPS Hosting, atau Virtual Private Server Hosting.  Dengan menggunakan jenis Web Hosting Indonesia ini pun, anda masih berbagi server dengan pengguna lain. Hampir seperti Shared Hosting, namun VPS memiliki beberapa keunggulan.

Para pengguna Web Hosting , akan mendapatkan beberapa bagian yang sudah dialokasikan oleh server. Dengan begitu maka pengguna akan mendapatkan space server yang sudah dedicated. Tidak hanya itu, pengguna pun akan mendapatkan sejumlah power computing dan memory.

web hosting indonesia

Kelebihan jika menggunakan jenis  ini adalah, space server yang dedicated tanpa harus membeli. Lalu jika terjadi peningkatan traffic di website tidak berdampak pada website, akses root ke server, dan mampu dikelola sendiri.

Demikian tadi adalah penjabaran tentang Web Hosting. Perlu diketahui bahwa layanan terbaik akan menampilkan konten situs di internet. Selain itu, website akan menarik banyak user untuk masuk dan mengakses website yang sudah dibuat.

Bisa dikatakan bahwa memilih layanan dan jenis Web Hosting Indonesia adalah hal yang sangat penting. Website akan menjadi berguna dan bermanfaat, jika digunakan dengan bijak. Kebijakan ini dimulai dari pemilihan layanan dari awal.

Jadi, jika sudah memahaminya secara kompleks Anda akan lebih mudah untuk memanfaatkan layanan tersebut secara maksimal. Sangat menarik bukan?

About The Author

Related Posts