Penyedia VPS Gratis Dan Terbaik Yang Direkomendasikan

VPS atau Virtual Private Server merupakan salah satu jenis hosting dalam kelas middle up. Atau bisa dikatakan jika VPS lebih powerful dibandingkan kelas dibawahnya seperti shared hosting. Fungsi dari VPS sangatlah penting dalam pembangunan sistem basis web programming, aplikasi web, maupun website yang dapat dikunjungi melalui internet. Dapat diibaratkan seperti Virtual Box, namun bisa dijalankan dalam 1 komputer server dengan spesifikasi baik untuk memanajemen banyak VPS. Karena tawaran kinerja dari VPS ini bersifat premium, tak heran jika layanan yang ditawarkan juga berbiaya tinggi. Namun bukan berarti anda tidak bisa mendapatkan layanan VPS gratis untuk memenuhi kebutuhan anda. VPS memang ada yang gratis, meskipun tidak semuanya murni gratis tanpa ada nya persyaratan. Nah di bawah ini beberapa penyedia VPS yang gratis dan terbaik yang dapat diekomendasikan.

Mengenal Free VPS

Sebelum lebih lanjut membahas provider VPS yang menawarkan layanan secara gratis. Tentunya anda harus memahami terlebih dahulu tentangfree VPS ini. Hingga saat ini masih banyak provider-provider hosting yang menawsarkan promo free VPS. Biasanya hal ini difungsikan sebagai cara untuk mengenalkan layanan hosting yang tersedia bagi pengguna baru. Free VPS ini dapat dinikmati pengguna secara gratis, mulai dari VPS trial bahkan hingga VPS gratis selamanya.

Sehingga dapat dikatakan jika free VPS ini memang sengaja diberikan perusahaan penyedia VPS demi meningkatkan kepercayaan kepada para calon pelanggannya. Selain itu, ini juga akan memberikan kemudahan bagi para pengusaha bisnis online. Selain itu saat ini juga masih banyak orang yang lebih memilih VPS yang gratis dibandingkan berbayar. Alasan pertama adalah sebagai media belajar bagi yang masih pemula. Selain itu free VPS juga digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti mitning bitcoin, trading, SSH atau free internet hingga kebutuhan game.

Rekomendasi Provider Yang Menawarkan VPS Gratis

Amazon Web Services

Pertama yang direkomendasikan disini adalah Amazon Web Service atau AWS. Disini pengguna bisa mencoba layanan gratis selama 1 tahun lamanya. Menguntungkan bukan? Untuk masalah cloud computing, AWS memang masih menjadi yang utama sebagai provider kelas dunia. Bahkan belum banyak provider lainnya yang berhasil menggusur kepopuleran AWS. Infrastruktur AWS terbilang paling lengkap. Host ini pun juga sering dipercaya untuk berbagai proyek hosting yang berskala besar.

Untuk fasilitas gratis yang ditawarkan pun juga beragam. Meliputi fitur free cloud computing Amazon EC2 (750jam/bulan), data storage, layanan monitoring, source code control, serta masih banyak lainnya. Untuk bisa menggunakannya, anda hanya perlu untuk membuat Free Account AWS. Mungkin perlu sedikit paham mengenai AWS. Lebih bagus lagi jika anda bisa mengetahui tentang teknis VPS. Dengan begitu anda dapat lebih cepat dalam mengeksplor luar-dalam environment teknis AWS yang agak kompleks.

Microsoft Azure

Microsoft Azure juga menjadi penyedia VPS gratis Indonesia dengan ciri khas teknologi terkini yang berasal dari sistem server Microsoft. Azure Free Account juga dapat memberikan akses gratis hingga 12 bulan. Belum lagi dengan plus kredit $200 yang bisa digunakan untuk mencoba layanan dari Azure selama 1 bulan. Bukan hanya itu saja, Azure juga menawarkan penggunaan 25+ aplikasi web, API, dan mobile gratis selamanya.

Hanya saja sayangnya, kompleksitas sistem Azure terbilang cukup tinggi. Mungkin hal ini yang kurang disukai bagi beberapa pengguna. Anda perlu memahami terlebih dahulu kegunaan elemen Azure Virtual Machines, Load Balancer, amupun menyimpulkan trend data yang berasal dari Data Lake Analystic.

Amazon Lightsail

VPS konvesional miliki Amazon Web Service ini juga dirkeomendasikan bagi anda yang emncari VPS gratis terbaik. Secara teknis, Lightsail menawarkan akun platform LAMP stack berjenis Cloud. Pengguna bisa mencobanya secara gratis selama 1 bulan pertama. Dalam paket ini, nantinya pengguna bisa mendapatkan 1 IP Address Statis, panel server monitoring, DNS management, serta SSH terminal acces. Semuanya tentunya disokong dengan server AWS yang tak perlu diragukan lagi powerfullnya. Aspek utama dari Lightsail ini tentunya adalah fitur 30-day free trial. Jika tertarik anda dapat mengupgrade nya ke fitur premium, dengan biaya mulai dari $5/bulan.

Accu Web Hosting

Fitur Windows VPS yang dimiliki oleh Accu Web Hosting ini dapat digunakan gratis pada 1 bulan pertama. Setelah masa trial selesai, maka penggunaan paket dapat dikenai ongkos sebesar $14.97/bulan. Lalu apa yang membuatnya berbeda dibandingkan provider VPS lainnya? disini anda tidka perlu menggunakan credit card. Setelah berhasil membuat akun gratis, pengguna bisa langsung menginstall ulang Virtual Machine. Anda juga dapat diberikan akses quick setup aplikasi. Semisal IIS Server, server database Microsoft SQL, ASP.Net Framework terbaru, dan mash banyak lainnya. Salah satu syarat utama yang ada di AccuWebHosting ini adalah pengguna harus mendaftarkan diri menggunakan email berbahayar. Jika tidak maka permintaan pendaftaraan anda nantinya tidak akan dilayani.

Dewaweb

Dewaweb memang sudah dikenal sebagai salah satu provider vps gratis Indonesia dan juga murah. Lebih dari layanan yang diberikan cloud VPS premium, Dewaweb juga menekankan pad areliabilitas server. Artinya pengguna bisa mempercayai keamanan dari server Dewaweb ini. Selain itu rasaya Dewaweb juga menjadi provider Indonesia satu-satunya yang telah mengantongi sertifikat ISO 27001:2013 dari BSI. Hal ini menandai jika kualitas dari hasil audit keamanannya pun juga cukup ketat.

Fitur lainnya yang juga menarik namun jarang diperbincangkan adalah free trial 30 hari yang diberikan untuk layanan Clod VPS. Namun kesempatan menarik ini hanya bisa didapatkan dari server VPS dan alamat email yang resmi. Kedua hal inilah yang akan direview oleh tim Dewa web saatanda mendaftarkan diri pada fitur Free-Trial ini.

Elastichosts.com

Elastichost juga direkomendasikan sebagai provider yang menawarkan akun free trial VPS yang terbaik. Dilengkapi dengan kehadiran kapasitas penyimpanan gratis hingga 20GB, RAM 1GB, 2000 core-MHz CPU, 30GB HDD, serta SSD 5GB. hanya saja untuk masa fre trial ini berlangsung selama 5 hari saja. Jadi jika anda menggunakan free VPS yang ditawarkan oleh Elastichost, maka manfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk membangun sebuah website. Namun meskipunmasa percobaan telah berakhir pun, pengguna pun tidak akan langsung disuruh membayar serta data-data masih tersimpan sangat aman.

VPS gratis memang jadi salah satu opsional saat ingin belajar mengenai VPS ataupun ingin mencoba-coba layanan yang dimiliki oleh sebuah provider. Namun tetap saja, anda harus cermat sebelum melakukan registrasi. Jangan mendahulukan nafsu semata, yang malah berakibat fatal di kemudian harinya. Meskipun VPS gratis windows semacam ini memang sangat menarik, namun tetap perhatikan persyaratan-persyaratan yang diajukan. Dengan begitu anda bisa tenang dan nyaman dalam mengakses VPS gratis tanpa takut data-data anda tersebut anntinya bisa disalahgunakan. Semoga informasi mengenai provider VPS yang menawarkan layanan gratis ini bisa bermanfaat untuk anda.

About The Author

Related Posts