Cloud Computing dan Fungsinya dalam Website

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Cloud Computing. Mungkin hal ini akan terdengar cukup asing. Namun perlu diketahui juga bahwa sistem ini sudah ada di kehidupan keseharian kita.

Menggunakan Cloud Computing untuk era sekarang memang sangat diperlukan. Karena banyak sekali manfaat dan kemudahan dari sistem ini. Maka tidak heran jika untuk saat ini banyak sekali sistem internet yang menggunakan teknologi ini.

Pengertian Dasar dari Cloud Computing

Jika kita akan membahas tentang apa saja itu pengertian Cloud Computing, maka pertama kali kita akan membahas pengertiannya. Untuk pengertiannya sendiri sebenarnya sangat sederhana, seperti penggunaan email dan media sosial. Jika diartikan lagi, maka Komputasi Awan berarti gabungan dari pemanfaatan teknolohi komputer dalam suatu jaringan yang berbasis internet.

Jadi dari sebuah Cloud Computing mempunyai fungsi menjalankan program atau sebuah aplikasi lewat komputer dalam waktu yang sama. Namun tidak semua yang memiliki atau terkoneksi internet menggunakan sistem tersebut. Dengan menggunakan teknologi ini maka teknologi itu akan menjadikan internet menjadi pusat server untuk mengelola aplikasi dan data pengguna.

Banyak sekali memang teknologi yang menggunakan sistem ini. Secara tidak sadar pun, kita akan menggunakan sistem berbasis cloud. Dengan menggunakan  sistem ini maka pengguna akan mampu menginstalai dan menggizinkan mengakses data diri mereka melalui akses internet.

Banyak sekali manfaat saat menggunakan sistem berbasis Cloud Computing, pada kesempatan ini pun kita akan membahas tentang hal tersebut. Karena secara tidak sadar kita akan menggunakan  sistem ini. Kemudian jika sudah paham, kita pun mampu untuk memanfaatkan sistem ini.

Sistem Kerja dari Cloud Computing

Sudah dijelaskan di atas bahwa Cloud Computing  bekerja menggunakan koneksi internet yang akan menjadi server untuk mengolah data. Dengan begitu maka sistem ini memungkikan pengguna untuk masuk ke aplikasi dengan menggunakan dara yang sudah terdaftar. Contoh yang paling relevan adalah saat kita menggunakan email untuk login pada google.

Cloud Computing

Dari semua data yang sudah dimasukan ke email, maka Cloud Computing akan menyimpan secara virtual. Setelah perintah diterima oleh server, maka ka data akan diolah dan disimpan jadi sebuah halaman. Kemudian halaman akan diproses sesuai dengan perintah yang sudah diterima, dan pengguna mampu menggunakan data tersebut.

Untuk contoh paling sederhana adalah saat menggunakan email, baik yahoo maupun gmail. Data yang sudah masuk akan diolah oleh yahoo maupun google, dengan begitu maka pengguna mampu untuk menggunakan pada suatu aplikasi. Pengguna  hanya perlu mengkoneksikan internet, lalu semua data akan dikelola oleh pihak server.

Manfaat dari Cloud Computing

Untuk penjelasan dan pengertian sudah dijelaskan di atas. Maka kali ini kita akan menjelaskan tentang manfaat dari sistem. Dengan mengetahui manfaat ini maka penggunakan akan mampu menggunakan dan memanfaatkan sistem yang sudah ada.

Sebenarnya sudah ada jurnal Cloud Computing  yang banyak menjelaskan tentang sistem ini. Namun untuk mudah menangkap dan memahami sistem maupun skemanya pada kesempatan kali ini akan kita jabarkan dengan mudah. Jika pengetian dan sistem keja sudah, maka kali ini berlanjut menjadi manfaat dari sistem.

  • Semua Data Tersimpan Dalam Satu Server

Menjadi sebuah keunggulan untuk teknologi  ini adalah memungkinkan pengguna untuk menyimpan data. Tentu saja data yang akan disimpan menjadi terpusat dalam satu server dengan layanan yang sudah disediakan. Dengan begitu maka pengguna sudah tidak perlu memikirkan tentang data center, media penyimpanan dan sebagainya.

Kemudahan dan manfaat ini sebenarnya sudah ada pada sistem sekarang. Namun kadang para pengguna tidak sadar saat menggunakan Cloud Computing. Sederhana sekali, jika kita menggunakan gmail atau ymail maka kita sudah menggunakan teknologi ini.

  • Keamanan Data

Dengan menggunakan Cloud Computing pada sistem yang sudah ada maka pengguna akan mendapatkan keamanan data. Keamanan data diri yang disimpan pada server akan sangat aman karena sudah menjadi layanan dari Cloud. Pengguna akan mendapatykan jaminan ISO, data pribadi, jaminan platform teknologi dan sebagainya.

  • Fleksibilitas dan Skalabilitas

Teknologi Cloud Computing akan menawarkan fleksibilitas dengan kemudahan untuk data akses. Kapan saja dan dimana saja pengguna berada maka pengguna mampu mengakses data tersebut. Hanya dengan syarat terkoneksi dengan jaringan internet.

Cloud Computing

Tidak hanya itu saja, namun pengguna Cloud Computing mampu meningkatkan bahkan mengurangi kapasitas penyimpanan. Untuk meningkatkan penyimpanan maka pengguna tidak perlu untuk membeli hardware. Hal ini hanya perlu dilakukan secara online, karena  dilakuan secara virtual.

Investasi Jangka Panjang Cloud Computing

Sudah banyak sekali pengguna yang menggunakan sistem Cloud Computing. Pengguna pun mampu memanfaatkan dengan mudah sistem untuk kehidupan. Seperti contoh yang sering diketahui adalah Steve Jobs yang mengatakan membeli memori fisik adalah hal yang pecuma.

Hal ini memperlihatkan bahwa penggunaan sistem ini akan menjadi lebih mudah dari pada menggunakan memori fisik. Tentu saja menjadi hal yang sangat bisa dilakukan adalah investasi jangka panjang. Dengan menyimpan data pada sistem cloud, maka para pengguna akan melakukan penghematan biaya.

Menggunakan Cloud Computing untuk investasi bisa dikatakan langkah yang tepat. Karena dengan menggunakan sistem ini pengguna hanya perlu untuk mengeluarkan biaya sesuai layanan yang dipilih. Maka pengguna mampu untuk mengurangi atau meningkatkan royalti sesuai dengan kebutuhan.

Secara sederhana, para pengguna sistem contoh Cloud Computing untuk penyimpanan yang cukup berharga tidak perlu melakukan biaya perawatan.  Karena dari pihak server pun sudah memberikan jaminan akan keamanan data. Selain itu sistem ini akan berlangsung selama pengguna masih menjadi konsumen dari server.

Perusahaan yang Memanfaatkannya

Untuk sekarang ini sudah banyak sekali perusahaan yang menerapkan dan menyediakan jasa dengan sistem ini. Seperti yang sudah dilakukan Google, perusahaan ini sudah menggunakan aplikasi Google Drive.  Lalu IBM menggunakan Blue Cord Initiative dan Microsoft yang menggunakan sistem operasi yang berbasis cloud misalnya Windows Azure.

Kemudian untuk saat ini sudah ada pula perusahaan yang sudah mengembangkan produknya dengan sistem yang ada di dalamnya. Biasa dikenal dengan DealPOS atau metode kerja Point of Sale. Sistem ini akan mendistribusikan data penjualan toko retail yang sudah diinput oleh pemilik toko.

Lalu juga ada perusahaan telekomunikasi yang menggunakan sistem ini yaitu Telkom. Dengan sistem yang disebut dengan Telkom Could yang menggunakan program Telkom VPS.  Kemudian, Telkom Collaboration yang memusat dan diarahkan untuk para pelanggan Usaha Kecil Menengah (UKM).

Cloud Computing

Berikut tadi adalah penjabaran yang sudah biasa kita gunakan. Selain itu sudah ada pula penjabaran tentang perusahaan besar yang menggunakan sistem ini. Dengan begitu maka banyak sekali manfaat jika menggunakan teknologi Cloud.

Penggunanya tentu saja harus memiliki koneksi internet yang lancar. Selain mendukung kinerja saat upload data, para pengguna pun mampu mengontrol sistem yang berjalan.  Kemudahan ini memang mampu memberikan banyak manfaat, namun tentu saja kebijakan dari pengguna juga harus turut berperan.

 

About The Author

Related Posts