Apa Itu Cloud Server Dan Kegunaannya Dalam Bidang Bisnis

Web hosting tak akan terlepas dari cloud server atau yang juga disebut sebagai server awan. Di tahun 2000, perkembangan teknologi berjalan semakin cepat dan memunculkan clpud server yang dapat digunakan dalam web hosting. Fungsi dari teknologi ini adalah untuk menyimpan data-data yang ada di internet agar tersimpan aman. Semua orang yang memanfaatkan web hosting rasanya tak akan kesulitan untuk memanfaatkan cloud server dalam penyimpanan data. Bagi yang masih awam dengan teknologi ini, jangan sesekali mencobanya. Akan lebih baik untuk mendengarkan penjelasan dibawah ini untuk lebih memahami.

Pengertian Cloud Server

Cloud server adalah layanan teknologi yang mana menggabungkan komputer serta jaringan dengan basis internet. Intinya adalah teknologi ini menggunakan media internet sebagau pusat dari server yang mengelola data-data. Sehingga nantinya data-data yang dibutuhkan bisa dengan mudah diakses. Bahkan tak perlu lagi menyimpan data pada alat penyimpanan seperti Harddisk, flashdisk, CD, ataupun DVD. Tentu saja dengan adnaya teknologi ini akan sangat memudahkan tanpa takut resiko kehilangan data. Berbeda saat menyimpan di media penyimpanan fisik, saat perangkat tersebut hilang maka data di dalamnya juga pasti akan hilang. Berbeda halnya dengan teknologi cloud yang mana data bisa diakses sewaktu-waktu sehingga dapat mempermudah pekerjaan.

Jika ingin menggunakan jasa penyedia layanan ini, biasanya anda akan diminta mendaftarkan email yang dipergunakan untuk membuat akun. Sehingga sewaktu-waktu anda ingin menyimpan maupun membuka file yang ada di dalamnya, anda akan diminta memasukkan ID dan password. Layanan ini pun juga memudahkan pengguna untuk menaikkan ataupun menurunkan resource server. seperti halnya jumlah RAM maupun Core CPU yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan atau yang dikenal sebagai On Demand.

Apa Manfaatnya Dalam Dunia Bisnis?

cloud server

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, layanan Cloud ini memiliki fungsi sebagai alat atau media yang digunakan untuk penyimpanan data. Saat ini layanan Cloud server memang banyak dilirik perusahaan-perusahaan dikarenakan sewaktu-waktu mereka bisa mengakses data yang tersimpan. Hanya saja terdapat kekurangan yang dikhawatirkan bagi pemilik bisnis karena suatu akun yang dapat dicuri. Ataupun server yang mengalami gangguan karena banyak pengguna yang sedang mengaksesnya.

Akan tetapi teknologi ini menawarkan kapasitas penyimpanan yang cukup besar, bahkan ada yang mencapai 10TB. Tentunya bagi pemilik bisnis akan sangat memudahkan jika ingin menyimpan data-data penting dalam jumlah besar sekalipun. Bahkan data-data tersebut bisa tersimpan hingga bertahun-tahun selama server masih aktif.

Keuntungan Apa Saja Yang Didapatkan Dari Cloud Server?

Lalu keuntungan apa saja yang didapatkan saat menggunakan cloud server gratis pada bisnis yang dijalankan? Berikut ini penjelasannya.

Peforma dan Akses Yang Handal

Dengan elastisitas serta skalabilitas yang sesuai kebutuhan pengguna. Cloud server tak harus diakses dari perangkat yang sama. Semua data-data yang dibutuhkan telah tersimpan baik di dalam server. Karena itulah anda bisa mengaksesnya sekalipun dari perangkat ataupun sistem operasi apapun, dimanapun dan kapanpun. Jadi anda bisa memonitor proyek dengan sangat leluasa serta membuat karyawan bisa tetap berkolaborasi di berbagai tempat.

Downtime Yang Minim

Otomatis dapat berpindah dari node gagal ke node fungsional, inilah keuntungan lainnya yang bisa dimanfaatkan. Sehingga store cluster akan minim downtime jika dibandingkan dengan layanan VPS biasa.

Instan & Cepat Saat Menggunakan Cloud Server

Virtual server bisa dibuat hanya dalam hitungan menit saja. Bagi anda yang menginginkan hal yang instan, cepat dan menghemat waktu tentunya layanan cloud server akan sangat direkomendasikan.

Sistem Backup Cepat

Keuntungan dari teknologi cloud lainnya yang bisa didapatkan adalah sistem backup data yang lebih cepat. Jadi anda tak perlu menunggu terlalu lama hanya untuk membackup data-data.

Biaya Yang Efisien

Karena kinerjanya memiliki stabilitas yang tinggi, teknologi ini tentu saja membuat biaya yang dikeluarkan perusahaan jadi lebih efisien. Terutama untuk biaya operasional hardware. Selain itu perusahaan pun juga bisa menghemat dana yang biasanya harus dikeluarkan untuk pemeliharaan serta listrik. Dikarenakan layanan ini hanya memebebankan biaya langganan yang sesuai kebutuhan.

Pemanfaatan Sumber Daya Lebih Maksimal

Menggunakan layanan ini bisa sangat membantu menjaga kelangsungan bisnis yang anda miliki dengan fitur-fitur optimal. Sehingga sebagai pebisnis, anda pun bisa jadi lebih fokus mengenai hal-hal penting tanpa terganggu adanya masalah oeprasional. Baiknya lagi, para karyawan juga akan memiliki lebih banyak waktu untuk bisa bekerja optimal. Dan juga pastinya memberikan potensi keuntungan lebih bagi perusahaan.

Kekurangan Cloud Server

cloud server

Melihat kelebihan-kelebihan yang telah dijelaskan sebelumnya, mungkin banyak yang berpikir jika teknologi ini sangat sempurna. Meskipun begitu, tetap saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Terutama mengenai kekurangan yang dimiliki layanan cloud.

Pelayanan Dirasa Kurang

Yang dimaksud dengan pelayanan yang kurang ini tergantung dari service. Tentunya anda mengetahui jika cloud server dapat dibeli di jasa layanan web hosting. Sehingga jpenyedia jasa memberikan cloud server yang memiliki kemampuan berbeda-beda. Oleh karena itulah sebelum anda berniat menggunakan layanan tersebut. Akan lebih baik jika anda bertanya terlebih dahulu kepada penyedia jasa layanan hosting. Terutama mengenai batasan layanan yang dibuat dalam cloud provider, sehingga anda wajib untuk memperhatikannya.

Kurang Penyesuaian

Menggunakan cloud server tentunya anda harus lebih memperhatikan mengenai regulasi bisnis. biasanya penyimpanan menggunakan teknologi ini tidak boleh sembarangan. Anda harus bisa menyamakan level dan menyesuaikannya dengan penyimpanan yang ada di cloud. Teknologi ini memang masih sangat awal di bidangnya. Jadi setiap pengguna harus berhati hari melakukan penyesuaian dalam penyimpanan data. Pelajari perlahan dan mendetail sehingga anda bisa memahami tentang kurangnya penyesuaian ini.

Tidak adanya Perlindungan Privasi

Tempat penyimpanan dalam layanan cloud memiliki sistem yang terpusat. Jadi siapapun yang menggunakan layanan ini, maka data akan tersimpan di dalam 1 penyimpanan terpusat. Nama dari penyimpana pusat adalah cloud provider. Semua orang bisa mengakses seluruh data-data yang anda miliki melalui cloud provider. Bahkan ini bisa dilakukan tanpa izin dan sepengetahuan anda. tentunya ini akan membuat layanan hosting ini menurun kualitasnya.

cloud server

Meskipun kekurangan yang dimiliki dinilai cukup banyak, namun penggunanya saat ini juga semakin banyak. Kekurangan yang dimiliki sebenarnya masih bisa diminimalisir dan tak menyurutkan keinginan banyak orang untuk menggunakannya. Apalagi bagi anda yang memiliki bisnis, penggunaan layanan cloud sangat direkomendasikan. Mengingat data merupakan aset penting bagi sebuah perusahaan. Inilah mengapa pentingnya untuk memastikan jika data-data yang tersimpan aman dan terlindungi. Selain itu anda juga harus memastikan jika anda mempunyai kontrol penuh terhadap kepemilikan data-data tersebut.

Nah itu tadi penjelasan mengenai layanan cloud server, tak ada salahnya untuk mengembangkan bisnis yang anda miliki dengan teknologi seperti ini. Hanya saja pelajari terlebih dahulu hal-hal yang berkaitan di dalamnya sehingga memudahkan anda untuk memanfaatkannya.

 

About The Author

Related Posts